Way Kanan Unggulkan Objek Wisata Air dan Wisata Alam

Written by aku dan kamu on Minggu, 06 November 2011 at 23.57

-Berdasarkan UU No 12 Tahun 1999 Way Kanan resmi terbentuk. Ber-ibukota di Blambangan Umpu jarak yang ditempuh dari  Bandar Lampung mencapai 208km. Dengan menjunjung adat yang begitu kental, kabupaten Way Kanan miliki 5 marga, antara lain Pemuka, Semenguk, Baradatu, Barasakti dan Bahuga.


salah satu objek wisata di waykanan
Way Kanan juga memiliki wisata alam yang asri yaitu Wisata Tirta (air terjun), sesuai dengan letak geografis wilayah kabupaten Way Kanan dijuluki wilayah seribu air terjun (RIPPDA 2004). Objek objek wisata air terjun yang ada antara lain Curup Putri Malu, Curup Gangsa, Curup Pinang Indah, Curup Haji, Curup Way Kawat, Curup Way Mencar, Curup Bumi Harjo, Curup Munggah Lanang, Curup Cekru Bebek, Curup Meong, Curup Bung Batu dan Curup Bukit Duduk.
Objek yang di unggulkan pertama adalah Curup Putri Malu yang terletak di kampung Juku Batu kecamatan Banjit kurang lebih berjarak 46 km dari Blambangan Umpu. Curup tersebut  memiliki ketinggian hingga 100m keunikan air terjunnya yang jatuh kebawah melengkung lembayung menyerupai punggung putri  yang sedang mandi. Berdampingan dengan Curup tersebut terdapat Curup Putri Duduk juga sumber Air Panas Belerang.
Selanjutnya kabupaten Way Kanan juga masih memiliki banyak obyek wisata menarik di antaranya Curup Gangsa yang tepat berada dikaki bukit Dusun Tanjung Raya Kampung Kuta Way kecamatan Kasui 50km dari Blambangan Umpu. Air terjun di kawasan tersebut bersumber dari patahan Sungai Way Tangkas yang alirannya berasal dari punggung Punggur melalui Tanjung Kurung Lebak Peniangan. Tingginya sekitar 55m berkabut dan berembun sejuk. Pada tengah malam saat suasana sunyi terdengar suara gemerincing bagai suara seruling Gangsa .(CN)

0 Responses to "Way Kanan Unggulkan Objek Wisata Air dan Wisata Alam"

About This Blog

Lorem Ipsum

Lorem Ipsum

Lorem

tab 1 - Click >> Edit

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

Reader Community

About Me

Foto Saya
aku dan kamu
Lihat profil lengkapku

Followers

adsense 300px X 250px

Recent Post

Follow Me

Blogger templates

Join Me

Tutorial Blog

GuestBook

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Search

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.