Wisata Tanjung Setia

Written by aku dan kamu on Jumat, 11 November 2011 at 20.48

Pantai Tanjung Setia terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Lampung Barat, Propinsi Lampung, Indonesia.

Pantai Tanjung Setia berjarak sekitar 52 km dari Kota Liwa, Ibukota Kabupaten Lampung Barat. Posisi Pantai Tanjung Setia yang strategis, yang letaknya berdekatan dengan jalan raya menyebabkan dapat dengan mudah dikunjungi oleh wisatawan.

Wisatawan asing yang datang ke pantai ini banyak yang berasal dari Negara Amerika, Negara Australia dan Negara Eropa lainnya, mereka mendapatkan informasi tentang pantai ini melalui informasi yang disampaikan oleh teman atau kenalan mereka yang sudah datang lebih dahulu kepantai ini dan juga informasi tersebut mereka dapat melalui website yang dibuat oleh para pencinta selancar sedunia, mereka biasanya tinggal disini seminggu hingga sampai dua minggu lamanya.

Kegiatan Wisata Di Pantai Tanjung Setia
Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain adalah berselancar, menyelam, berenang, berperahu, memancing, berjemur di pantai, berjalan sepanjang pantai, bermain-main ditepi pantai, berkemah, outbond.
Ketika sore hari, wisatawan dapat menyaksikan matahari yang akan terbenam (sunset).

Pantai Tanjung Setia sudah cukup dikenal dikalangan orang barat, sehingga pada bulan-bulan tertentu ketika ombak di Pantai Tanjung Setia mencapai ketinggian puncaknya, pantai ini dipadati oleh turis asing untuk melakukan kegiatan surfing.
Ketinggian ombak di Pantai Tanjung Setia pada bulan Mei hingga bulan Agustus dapat mencapai ketinggian hingga 7 meter, sehingga para peselancar merasa sangat tertantang untuk menjadi peselancar terbaik, sedangkan di bulan lain tinggi ombaknya rata-rata 4 meter dengan pecahan ombak sepanjang 200 meter.
Kondisi laut pantai ini masih alami, belum tercemar dan udaranya sangat sejuk, suasananya tenang dan damai serta jauh dari kebisingan.
Deburan ombaknya menggelitik sanubari, sehingga membuat para peselancar tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berselancar di Pantai Tanjung Setia ini. Deburan ombaknya tidak kalah dengan pantai yang ada di Pulau Nias dan Pulau Bali, tidak berlebihan jika Pantai Tanjung Setia dijuluki sebagai pantai mutiara terpendam.
Disamping itu pantai ini dikenal juga sebagai tempat wisata memancing, dimana banyak terdapat ikan laut seperti ikan tuna dan ikan blue marlin.
Temperatur udara di kawasan pantai ini berkisar antara 29° C sampai dengan 33° C.

Fasilitas Yang Tersedia Dikawasan Pantai Tanjung Setia
Tersedia tempat penginapan, cottage.

Objek Wisata Pantai Lainnya Di Lampung Barat
Objek wisata pantai lainnya diantaranya adalah Pantai Labuhan Jukung, Pantai Way Haru, Pantai Way Jambu, Pantai Way Sindi, Pantai Suka Negara.


Selain itu dengan bentang alam pantai sepanjang kurang lebih 210 km yang melintasi dari arah barat laut ke tenggara dengan topografi dataran rendah, pantai yang berpasir, hingga berbukit terjal yang berhadapan langsung dengan samudera indonesia sampai berbatasan dengan Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) di sebelah Barat Indonesia.  Dengan demikian berdasarkan kondisi alam seperti tersebut di atas, maka potensi pengembangan pariwisata di Lampung Barat ini cukup potensial dan menjadi daya tarik wisata yang unik dan spesifik, sehingga keaslian dan kekayaan budaya, adat istiadat, keberadaan obyek-obyek wisata yang ada di Lampung Barat harus ditampilkan atau ditunjukkan dan kembangkan untuk memberikan bukti bahwa terdapat keanekaragaman aset-aset pariwisata yang tidak kalah dengan obyek-obyek wisata di daerah lain di Indonesia bahkan mancanegara.  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat terus mempromosikan sejumlah objek-objek wisata potensial, dan salah satu yang diandalkan oleh Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan asing maupun domistik adalah Pantai Tanjung Setia  Kecamatan Pesisir Selatan.  Saat ini Pantai Tanjung Setia sudah mencari daerah tujuan wisata utama di Lampung Barat bahkan di Lampung, karena untuk tahun 2008 turis asing yang berkunjung di Pantai yang berjarak 250 Km dari Bandar Lampung sudah mencapai 2000 orang, sementara wisatawan local puluhan ribu orang.

0 Responses to "Wisata Tanjung Setia"

About This Blog

Lorem Ipsum

Lorem Ipsum

Lorem

tab 1 - Click >> Edit

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

Reader Community

About Me

Foto Saya
aku dan kamu
Lihat profil lengkapku

Followers

adsense 300px X 250px

Recent Post

Follow Me

Blogger templates

Join Me

Tutorial Blog

GuestBook

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Search

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.